27 Januari 2013

Es Krim Tentrem, Es Krim Legendaris Kota Solo

Seperti namanya ‘Tentrem’, orang yang makan es krim ini pun juga akan merasa ‘tentrem’ hatinya. Moodynya akan berubah bagus dan pasti membuat keceriaan di sepanjang waktu itu. Es Krim menurut saya bukan hanya makanan istimewa, tetapi es krim adalah makanan ringan yang menyenangkan, magic dan memiliki ikatan yang kuat dengan manusianya, lebih tepatnya dengan saya. Es krim menjadi teman setia untuk banyak waktu, untuk banyak kisah dan juga untuk banyak diskusi panjang tentang bermacam-macam hal. That’s why i love to be ice cream lover, especially home made ice cream.

Es krim menurut saya adalah sesuatu yang memiliki nyawa, bukan hanya untuk dimakan. Namun, banyak yang bisa diambil dari sebuah rasa bernama es krim. Ini menjadi beberapa alasan mengapa saya selalu mengatakan bertemu surga ketika menemukan es krim, lalu memakannya. Yaa,es krim adalah bentuk surga kecil yang ada di dunia nyata. Surga tidak perlu dicari jauh-jauh menerawang ke zaman antah berantah. Cukup temukan sesuatu yang membuat kita nyaman dan bahagia, itu menurut saya definisi surga yang sebenarnya saat ini.

Beberapa waktu yang lalu saya mengunjungi Toko Es Krim tentrem dengan suka cita. Bagaimana tidak, saya akan bertemu dengan es krim legendaris. Perjalanan dari Jakarta menuju Jogjakarta dihiasi senyum semanis es krim. Setelah sampai di Jogjakarta, saya stay beberapa jam lalu melanjutkan perjalanan lagi ke Solo naik KA Madiun Jaya dari stasiun Lempuyangan menuju stasiun Solo Balapan.
KA AC Ekonomi Madiun Jaya
Stasiun Solo Balapan
Waktu yang paling bagus untuk makan es krim adalah antara sore menuju malam. Saya suka melakukan ritual ini bersama es krim. Dan cerita kali ini akan membahas surga kecil yang bernama es krim tentrem yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah.
Es Krim Tentrem Solo menjadi tujuan utama saya mengunjungi kota yang penuh dengan pesona budaya ini. Saya berangkat ke Solo setelah mencoba Toko Oen Malang, Ragusa Ice Cream di Jakarta dan Zangrandi Ice Cream di Surabaya yang menyajikan es krim yang sama. the legend and be home made ice cream. Bedanya dari beberapa toko es krim ini, yang paling sering saya kunjungi adalah Toko Oen Malang karena kebetulan juga berdomisili di kota saya sendiri.
Es Krim Tentrem memiliki varian rasa es krim yang beragam, tentunya semuanya manis. Manis yang tercipta dari home made ice cream tentu berasal dari gula dan susu sapi asli. Tanpa bahan pengawet. Yang membuat Es Krim Tentrem Solo sedikit berbeda adalah warnanya. Biasanya home made ice cream terlihat berwarna pucat atau warna-warna pastel. Tidak terlalu mencolok warnanya seperti es krim-es krim yang diproduksi secara masal. 
Es Krim Tentrem dibuat dengan warna yang lebih membuat mata melek seketika. Warnanya lebih eyecatching dan menarik sehingga nafsu makan pun juga akan bertambah. Efeknya, semangat makan es krim akan meledak saat itu juga.
Rainbow Ice Cream, es krim terbaru di Toko Es Krim Tentrem
Tidak lupa, pasti akan selalu ada satu gelas air putih yang melengkapi satu porsi es krim. Air putih ini berfungsi menjadi penawar setelah makan es krim karena biasanya manisnya home made ice cream dan ice cream mass production jelas akan berbeda. Jadi, air putih tersebut jangan diminum di awal atau jangan diminum sebelum makan es krim.

Tapi untuk saya pribadi, saya biasanya tidak langsung memakannya. Saya pasti akan melihat detail sajian es krim terlebih dahulu. Biasanya juga dibarengi dengan jepretan kamera ke sudut-sudut es krim ini. Saya punya hobi ini sejak lama. Mengabadikan es krim terlebih dahulu sebelum memakannya.
Complete, one order
Es Krim Tentrem terletak di Jl. Urip Sumoharjo, dekat dengan Toko Roti Orion. Kawasan ini memang menjadi kawasan ruko dengan berbagai jenis barang yang dijual. Jl. Urip Sumoharjo menjadi salah satu jalan protokol di Kota Solo. Es Krim Tentrem merupakan tempat wisata kuliner yang menjadi destinasi para wisatawan yang datang ke Solo. Biasanya mereka adalah rombongan keluarga. Saya sempat menanyakan kepada waitress disana bahwa pengunjung memang lebih banyak berasal dari luar kota Solo. Jika musim liburan, toko es krim ini lebih ramai.

Pemilik Es Krim Tentrem saat ini adalah bapak Sulaiman. Ia merupakan keturunan Tionghoa. Bisnis ini menjadi bisnis utamanya saat ini dan beliau tidak akan pernah menjual warisan yang menjadi legenda di Kota Solo. Bahkan beliau berniat akan mewariskan bisnis ini kepada anak cucunya agar Es Krim Tentrem tetap terjaga kelestariannya. Unsur Tionghoa ata China itu masih melekat kuat di toko es krim ini, seperti yang ada pada ukiran-ukiran perabotnya.
Untuk soal harga, Es Krim Tentrem menjadi yang paling mudah dijangkau. Harganya sangat murah. Apalagi jika dibandingkan dengan Toko Oen, Zangrandi atau pun Ragusa. Es Krim Tentrem menjadi satu-satunya home made ice cream di Kota Solo. Ia juga menjadi warisan untuk Kota Solo karena toko es krim ini ada sejak zaman tempo dulu dan tetap bertahan hingga saat ini. Bertahan dengan tetap menggunakan cara tradisional. 
Oleh karena itu, Es Krim Tentrem juga menjadi brand heritage Kota Solo. Bukan hanya menjadi bisnis yang sudah lama berdiri tetapi Es Krim Tentrem juga mempunyai sejarah panjang yang ceritanya masih dinikmati oleh masyarakat hingga sekarang.

3 komentar:

  1. Makasih Untuk Model Interiornya

    BalasHapus
  2. Met Siang Salam kenal bloger (ika)... nice blog ika... coba kunjungi blgoku juga blog pendidikan dan juga blog kewirausahaan. terima kasih.
    Para Blogger….Selamat Pagi ,…

    Salam kenal dan menjalankan aktifitas Semoga Sukses amin. please visit my new blog :
    1. http://smartalzind.blogspot.com ( untuk info pendidikan dan kewirausahaan.
    2. www.abenetwork.com/edymaryanto. , (untuk info bisnis )
    3. www.Produkabe.com/edymaryanto. ( untuk info toko online )

    Terima kasih.
    edy maryanto. 085700072230.

    BalasHapus
  3. semoga bisa saling share ya mas Muhammad Yusuf.. interiornya di es krim tentrem klasik.

    Trims Pak Edy. Boleh dicoba ya ;)

    BalasHapus