13 Januari 2012

#Jadiingat SMK

Pasca ujian MK Anti Korupsi, aku jalan sama mas dondik, yaa dia adalah kakak yang baik. Di tengah hujan dan rasa antusias, kita coba mencari arah ke Roxy. Muter-muter dan nggak ada ujungnya sehingga kita memutuskan untuk keluar dari tempat penjualan segala macam rupa gadget ini. Kita memutuskan untuk ke Tanah Abang. 

Di perjalanan, kita membahas tentang liburan semester ini yang cuma sebentar, pulang kampung bersama pejuang-pejuang dari Jawa Timur yang lain, naik kereta bareng-bareng dan topik yang sama-sama pernah kita jalani dulu sebelum masuk kuliah, SMK. Siapa yang tak mengenal SMK #Jadiingat. Mas Dondik dari Lumajang sedangkan aku dari Malang. 

Tiba-tiba ingat kalau dulu pernah buat ILM di akhir masa SMK. Menurutku, dunia SMK tetap menyenangkan. Benar-benar belajar teknisnya. Ingat dikejar-kejar deadline tugas, tugas-tugasnya pun beragam. Mulai dari uji kompetensi jurusan sampai pelajaran universal biasa. Dulu aku masuk di jurusan Multimedia di SMKN 4 Malang, yang sebenarnya jurusan handalnya disana adalah tentang percetakan. 

Waktu kembalinya kita, murid-murid SMK dari masa PKLnya, kita dihadapkan pada dua ujian sekaligus yang hanya diberi tenggang waktu 4 bulan untuk mempersiapkannya. Ujian Akhir Nasional dan Uji Kompetetensi Kejuruan. Waktu itu aku memilih untuk membuat video iklan layanan masyarakat. Kenapa? karena aku suka dengan semua yang berhubungan dengan film, mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksinya. Kebetulan dulu aku PKL di stasiun TV lokal di Malang.

Ujian pun berjalan sesuai dengan formatnya. Aku mempresentasikan karyaku yang berjudul, Anda bukan Mereka (*anjing) !

ILM ini menceritakan tentang ajakan untuk tidak buang air kecil sembarangan. Aku memilih tema ini karena menurutku unik. Hal kecil yang sebenarnya kita lakukan setiap harinya, tapi jika dilakukan di sembarang tempat, efeknya juga tidak bagus. Video ini dikerjakan individu karena ujian akhir pun tidak ada yang memakai sistem kelompok. 

Nah, kagetnya, pasca ujian selesai dijalankan tiba-tiba guruku, Mr. Ari yang jagonya sinematografi itu menelponku. Beliau tiba-tiba bilang "Ika, karya kamu aku ikutkan lomba di Jakarta yaa" Hhmm, rasanya waktu itu tiba-tiba *tuing-tuing* antara bingung, senang dan juga khawatir. Aku pun mengiyakan tawaran itu.

Sedikit diedit ulang, akhirnya karya tersebut dikirim ke Jakarta dalam lomba Festival & Lomba Seni tingkat Nasional. Beberapa hari menunggu hasilnya, akhirnya kaprokalku SMK meneleponku dengan suara ceria. "Ika, karya kamu lolos 5 besar" Alhamdulillah ya Rabb. Senangnyaa :) Beliau memintaku untuk packing barang-barang seperlunya karena ternyata aku harus mengikuti sesi selanjutnya untuk menentukan 3 pemenangnya. Esoknya, aku bersama satu teman yang juga lolos, Khodir dan juga guru pembimbingku yang sudah seperti teman sendiri, Mr. Stevanus berangkat menuju Jogjakarta. Sesi itu memang dilakukan di Jogjakarta, bukan di Jakarta. Dan ini merupakan perjalanan pertamaku ke kota gudeg tersebut via bus. Hhmm, rona bahagia dan kompetitiv sangat melekat waktu itu.

Sampainya di sana, aku bertemu teman-teman lama ku waktu PKL di stasiun TV lokal dulu, ada Siska, Suhe dan juga Lingga yang ditemani Mr. Arya, guru pembimbing mereka. Kalau dipikir-pikir, kita senyum-senyum sendiri dan bilang "kita seperti reuni saja yaa, reuninya di Jogja lagi" :)

Selama sekitar satu minggu kita mengikuti perlombaan ini, presentasi ke dewan juri dan tentunya disela-sela waktu lomba, kita menyempatkan untuk travelling bareng. Akhirnya tiba juga dipenghujung acara, tim panel mengumumkan pemenang-pemenang dari setiap kategori lomba.

Alhamdulillah.. karyaku jadi juara 2 nasional .^_^.


atau bisa juga dibuka di link berikut ini,
Anda Bukan Mereka

Pemenang didominasi  dari regional Jawa Timur
Mr. Stevanus, Aku dan tim juri dari ISI Jogja & IKJ
i got this one 
 *Terima kasih untuk dhilaz dan Joko yang jadi aktornya*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar