12 Januari 2012

Ice Cream = Warnai Ceriamu

Ice cream, tema yang selalu menarik untuk dibicarakan. 
Mengapa aku suka ice cream? Yaa, tentu saja karena ia bisa membangkitkan mood dan semangat :)

Dan saking sukanya sama ice cream, aku pun berniat membuat media publikasi ice cream secara umum. Namun, aku meminjam brand Campina sebagai produk ice cream lokal yang cukup terkena di Indonesia.
Konsep desain media publikasinya, menggunakan umbrella message visual di atas. Sedangkan key messagesnya meliputi hal-hal berikut ini :
Jika mengkonsumsi ice cream, ambil saja contohnya Campina, hari-hari akan ceria karena banyak varian rasa yang ditawarkan. Karena itu juga ice cream bisa membuat istimewa di setiap suasana. Campina mencoba membuat hubungan psikologis yang kuat dengan konsumennya, dengan mengkonstruksi konsumennya untuk membuat sebuah lifestyle dari mengkonsumsi ice cream. Hal ini sangat berkaitan erat dengan remaja yang menjadi target sasaran dari produk Campina yaitu remaja yang energik dan cenderung bernuansa warna-warni. Hal ini didasarkan bahwa mengkonsumsi ice cream bukanlah hal primer lagi tapi lebih ke tersier yang akhirnya kebiasaan ini bisa membentuk sebuah lifestyle tersendiri.

Konsep tipografi dan warna yang ditampilkan pun merupakan warna-warna remaja putri yang ceria dan juga dinamik. Karena dalam hal ini Campina bukan hanya menjual produk tetapi strategi komunikasi yang ditonjolkan yaitu ice cream ini bisa mewarnai ceriamu. Visual ice cream yang ditonjolkan pun juga bervariasi dari segi warna dan rasa. Warna background yang dipilih merupakan warna-warna yang mampu membangkitkan mood untuk makan ice cream dan juga semangat, sesuai hasil riset yang telah dilakukan. 


Secara keseluruhan konsep visual dan verbal yang digunakan dalam media publikasi ini adalah untuk meningkatkan brand image Campina. Konsumen diharapkan bisa menikmati keuntungan psikologis dari ice cream yaitu merasakan keceriaan dengan pendekatan lifestyle yang dibangun. Gaya eksekusi pesan yang disampaikan lebih menonjolkan citra (mood atau image) untuk membangun “ketika makan ice cream Campina, maka keceriaanlah yang akan dirasakan”


Beberapa media publikasi yang aku buat,

Majalah

Poster (Display Halte)

Display Bandara

Umbul-umbul

Flag Chain
Nah, gambar di atas merupakan desain flag chain secara umumnya. Berikut ini aplikasi media flag chain tersebut..

Flag Chain Outdoor

Flag Chain Indoor

Billboard

Display Campina

Event Campina

Merchandise
Aku suka bagian yang ini, khususnya gantungan kuncinya :)


Campina Palace
Kegemaran terhadap ice cream membuatku ingin punya pabrik ice cream sendiri nantinya. Amien.
Konsep awalnya Campina Palace ini merupakan home of Campina yang terletak di TMII. Di dalamnya terdapat segala hal yang berhubungan dengan ice cream (Campina). Disini juga disediakan taman bermain yang sangat friendly. Semua aksesorisnya berupa dari replika ice cream.
Dan satu hal lagi, dalam bayanganku tanaman yang ada di luar itu bisa menjadi lampu yang akan menyala di malam hari #tuing2
*semuanya serba ice cream*

Selanjutnya visual dari Ambient Media. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness.

Foot Print
 Konsepnya, foot print ini diletakkan dari awal pintu masuk Mall atau Supermarket sampai (ke arah) menuju stand Campina. Hal ini dimaksudkan agar konsumen merasa penasaran terhadap visual foot print tersebut dan mengikuti jejak kaki sampai di titik ujungnya, yaitu stand Campina.

Replika ice cream yang diletakkan di tengah kota
 
Lampu Hias di Taman

Lampu Penerangan Jalan Tol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar