8 Oktober 2012

Sinopsis Modernisasi Bali

Iseng-iseng buat sinopsis tentang hal-hal yang paling disukai. Hhmm, atau suatu hal yang sebenarnya setiap hari selalu dekat dengan kita tapi kita jarang sekali menyadarinya. 

In this case, saya memang suka Bali. bahkan bisa dibilang menggandrungi pulau dewata dengan segala keindahannya tersebut. Budaya dan tradisi, salah satu sudut yang selalu saya amati. sudut dimana Bali selalu bisa membuat saya merasakan kembang-kembang gula. Berkali-kali kesana tidak akan pernah muncul rasa bosan. Just Bali.

Nah, mulai saja yaa cerita sinopsisnya. Namanya saja sinopsis, singkat dan tidak bertele-tele. Mewakili keseluruhan tema yang akan dibahas dan membahas masalah secara general.
***

Bali kaya akan ritual dan tradisi yang mengakar pada kehidupan masyarakatnya. Hal itu yang selalu bisa kita saksikan ketika kita mengunjungi pulau dewata nan indah ini. Begitu banyak sajian budaya yang kaya akan makna.  Tentunya itu menjadi keunikan tersendiri bagi pengunjung yang datang, terlebih lagi bagi mereka yang memang menyukai budaya atau hanya sekedar menjadi pengamat budaya. Sayangnya, dengan semakin berkembangnya globalisasi, keaslian tradisi dan ritual-ritual tersebut mengalami degradasi nilai dan korosi kultural. Agama pasar yang masuk ke wilayah Bali menjadikan ritual yang disakralkan menjadi absurd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar